SoftBall

Apa Softball?Softball is a popular US field sport; a descendant of baseball .Softball adalah olahraga populer US lapangan, seorang keturunan bisboll. Permainan berbeda dari bisbol lebih pada aplikasi daripada dalam peraturan. The rules of both these field sports are quite similar. Aturan kedua olahraga ini sangat mirip lapangan. The commonly observed differences between the two team sports are: Perbedaan umum diamati antara dua tim olah raga adalah:

  • Bola lebih kecil dan lebih keras daripada softballs.
  • pitches Softball sudah dilempar curang, tidak seperti overhand melempar ditampilkan dalam permainan bisbol.
  • Softball biasanya dimainkan oleh perempuan, lebih dari laki-laki.

Sejarah Softball

Sejarah softball tanggal kembali ke 1887, Chicago , Permainan pertama dimainkan dengan sapu untuk menangani kelelawar!. Versi pertama dari permainan dimainkan pada Hari Thanksgiving , oleh George Hancock. Dia dimaksudkan permainan menjadi versi musim dingin dari lapangan olahraga favorit Amerika, baseball Perjalanan kembali itu, permainan ini disebut sebagai Indoor Baseball ” Softball Sejarah menunjukkan bahwa pada musim dingin tahun 1887, ketika seorang alumni Yale bernada sarung tangan tinju di Harvard pendukung pada sidang tahunan skor sepak bola permainan di Farragut Boat Club, yang terakhir ini meraih sapu dan mengayunkannya segera kembali.George Hancock berteriak “Play bola” dan permainan pernah pertama softball dimulai.

Hancock telah tersimpul sarung tangan tinju menjadi bola dan digunakan sebagai sapu menangani kelelawar Dengan skor 44-40, permainan softball pertama kali datang ke sebuah akhir yang menarik The impulsif improvisasi pada hari itu adalah tangkas dgn tangan kosong dari softball itu. Dalam waktu, Hancock mengembangkan softball khusus dan kelelawar dan meletakkan aturan untuk permainan pada tahun 1889. permainan merupakan favorit instan. Versi luar pertama dikembangkan oleh Lewis Rober, Sr, pada tahun 1895.

Permainan luar dikembangkan untuk para petugas pemadam kebakaran Minneapolis pergi dengan nama ‘Kitten Ball’. Pada akhir abad kesembilan belas, softball juga disebut sebagai Labu Ball dan Diamond Ball. Versi luar dikembangkan oleh Rober memperkenalkan bola 12-inci, sebagai lawan dari bola 16-inci yang digunakan sebelumnya.Pada tahun 1897, dari liga softball pertama diselenggarakan di luar Amerika Serikat , di Toronto. Permainan ini diciptakan secara resmi sebagai ‘Softball’ pada tahun 1926, oleh Walter Hakanso Pada tahun 1930-an, softball telah membuat jalan di seluruh Amerika Serikat dan Bersama Komite Aturan Softball didirikan tahun 1934, untuk standarisasi peraturan permainan dan peraturan. Pada 1940-an, ditandai oleh softball pitching cepat dan jarak pitch diperpanjang. Namun, pada tahun 1953, Komite resmi dibuat lambat pitching wajib, berdasarkan program Amateur Softball Association.Permainan menyapu seluruh Eropa oleh 1972. Sementara Amerika Profesional Lambat Pitch Liga atau APSPL menjadi liga softball profesional pertama bermain (1977-1982), para kaisar Detroit adalah pemenang pertama dari softball profesional Seri Dunia pada tahun 1977.Hari ini, softball tetap menjadi olahraga populer di sekolah-sekolah dasar dan menengah di seluruh dunia.

Softball Aturan dan Peraturan:

Permainan softball adalah dimainkan di lapangan besar, yang terdiri dari tengah lapangan rumput jelas batas-batasnya, berlari daerah dan sebuah ladang yg terpencil. Bidang ini dibagi menjadi empat dasar: base pertama, base kedua, base ketiga dan home plate. Dasar ditetapkan pada jarak sekitar 45-65 meter dari satu sama lain. Lingkaran kendi ini ditandai berjarak sama dari empat basa. Tujuan softball adalah untuk skor berjalan lebih dari tim lawan, dengan memukul bola ‘ke dalam bermain’ dan mencakup semua basis. Sementara berjalan berlawanan sekitar basis, pemain diharapkan untuk menyentuh secara fisik masing-masing di urutan suksesi. softball digunakan saat ini adalah sekitar 12 inci lingkar. Hal ini ditutupi dengan kulit atau cahaya kain, sintetis. Aturan dan peraturan di lapangan yang dianut dalam kehadiran satu atau lebih wasit. Setiap salah satu dari tujuh babak resmi melibatkan pelanggaran kedua tim bermain ‘dan’ pertahanan ‘.Setiap babak terdiri dari ‘setengah atas’ dan ‘bagian bawah’. Sementara pelanggaran kelelawar untuk berjalan skor, tim bidang pertahanan dan menjalankan usaha-out ‘. Tim berganti peran pada setiap menyatakan ‘setengah’. Softball termasuk peralatan softball, kelelawar, sarung tangan dan pakaian pelindung seperti helm, shin penjaga, dan pelindung dada. Sembilan pemain di lapangan pada suatu waktu termasuk:

  • Buyung
  • Penangkap
  • Pertama baseman
  • Kedua baseman
  • Ketiga baseman
  • Shortstop
  • Waktu Fielder
  • Hak Fielder
  • Center Fielder

Popularitas softball terletak pada ruang lingkup untuk lebih memodifikasi aturan dengan permainan masing-masing. Hal ini memungkinkan kelompok yang berbeda untuk menampilkan dan mengembangkan keahlian dalam berbagai bidang keterampilan. Beberapa variasi diterima secara luas termasuk satu-bola-satu-pemogokan, home run terbatas, dilarang mencuri dari basa-rumah dan piring-gaya-out. Pada yang terakhir, skor sangat berkurang. Hari ini, Federasi Softball Internasional host kejuaraan dunia setiap empat tahun. Permainan ini sekarang dimainkan secara luas oleh laki-laki dan perempuan di seluruh dunia rekreasi, kompetitif serta untuk.

   

 FUTSAL

Futsal adalah permainan bola yang dimainkan oleh dua tim, yang masing-masing beranggotakan lima orang. Tujuannya adalah memasukkan bola ke gawang lawan, dengan memanipulasi bola dengan kaki. Selain lima pemain utama, setiap regu juga diizinkan memiliki pemain cadangan. Tidak seperti permainan sepak bola dalam ruangan lainnya, lapangan futsal dibatasi garis, bukan net atau papan.

Futsal turut juga dikenali dengan berbagai nama lain. Istilah “futsal” adalah istilah internasionalnya, berasal dari kata Spanyol atau Portugis, futbol dan sala

Sejarah

Futsal diciptakan di Montevideo, Uruguay pada tahun 1930, oleh Juan Carlos Ceriani. Keunikan futsal mendapat perhatian di seluruh Amerika Selatan, terutamanya di Brasil. Ketrampilan yang dikembangkan dalam permainan ini dapat dilihat dalam gaya terkenal dunia yang diperlihatkan pemain-pemain Brasil di luar ruangan, pada lapangan berukuran biasa. Pele, bintang terkenal Brasil, contohnya, mengembangkan bakatnya di futsal. Sementara Brasil terus menjadi pusat futsal dunia, permainan ini sekarang dimainkan di bawah perlindungan Fédération Internationale de Football Association di seluruh dunia, dari Eropa hingga Amerika Tengah dan Amerika Utara serta Afrika, Asia, dan Oseania.

Pertandingan internasional pertama diadakan pada tahun 1965, Paraguay menjuarai Piala Amerika Selatan pertama. Enam perebutan Piala Amerika Selatan berikutnya diselenggarakan hingga tahun 1979, dan semua gelaran juara disapu habis Brasil. Brasil meneruskan dominasinya dengan meraih Piala Pan Amerika pertama tahun 1980 dan memenangkannya lagi pada perebutan berikutnya tahun pd 1984.

Kejuaraan Dunia Futsal pertama diadakan atas bantuan FIFUSA (sebelum anggota-anggotanya bergabung dengan FIFA pada tahun 1989) di Sao Paulo, Brasil, tahun 1982, berakhir dengan Brasil di posisi pertama. Brasil mengulangi kemenangannya di Kejuaraan Dunia kedua tahun 1985 di Spanyol, tetapi menderita kekalahan dari Paraguay dalam Kejuaraan Dunia ketiga tahun 1988 di Australia.

Pertandingan futsal internasional pertama diadakan di AS pada Desember 1985, di Universitas Negeri Sonoma di Rohnert Park, California. Futsal The Rule of The Game.

Peraturan

Lapangan permainan

  1. Ukuran: panjang 25-42 m x lebar 15-25 m
  2. Garis batas: garis selebar 8 cm, yakni garis sentuh di sisi, garis gawang di ujung-ujung, dan garis melintang tengah lapangan; 3 m lingkaran tengah; tak ada tembok penghalang atau papan
  3. Daerah penalti: busur berukuran 6 m dari setiap pos
  4. Garis penalti: 6 m dari titik tengah garis gawang
  5. Garis penalti kedua: 12 m dari titik tengah garis gawang
  6. Zona pergantian: daerah 6 m (3 m pada setiap sisi garis tengah lapangan) pada sisi tribun dari pelemparan
  7. Gawang: tinggi 2 m x lebar 3 m
  8. Permukaan daerah pelemparan: halus, rata, dan tak abrasif

 

Bola

  1. Ukuran: 4
  2. Keliling: 62-64 cm
  3. Berat: 390-430 gram
  4. Lambungan: 55-65 cm pada pantulan pertama
  5. Bahan: kulit atau bahan yang cocok lainnya (yaitu, tak berbahaya)

Jumlah pemain (per tim)

  1. Jumlah pemain maksimal untuk memulai pertandingan: 5, salah satunya penjaga gawang
  2. Jumlah pemain minimal untuk mengakhiri pertandingan: 2
  3. Jumlah pemain cadangan maksimal: 7
  4. Jumlah wasit: 2
  5. Jumlah hakim garis: 0
  6. Batas jumlah pergantian pemain: tak terbatas
  7. Metode pergantian: “pergantian melayang” (semua pemain kecuali penjaga gawang boleh memasuki dan meninggalkan lapangan kapan saja; pergantian penjaga gawang hanya dapat dilakukan jika bola tak sedang dimainkan dan dengan persetujuan wasit)

Perlengkapan pemain

  1. Kaos bernomor
  2. Celana pendek
  3. Kaos kaki
  4. Pelindung lutut
  5. Alas kaki bersolkan karet

Lama permainan

  1. Lama normal: 2×20 menit
  2. Lama istiharat: 10 menit
  3. Lama perpanjangan waktu: 2×10 menit
  4. Ada adu penalti jika jumlah gol kedua tim seri saat perpanjangan waktu selesai
  5. Time-out: 1 per tim per babak; tak ada dalam waktu tambahan
  6. Waktu pergantian babak: maksimal 10 menit
  1.  
  2. SEJARAH BOWLING
  3. Bowling sebenarnya termasuk olahraga tua, yaitu dikenal sekitar 7000 tahun yang silam dengan pembuktian para ahli yang menemukan dalam kuburan-kuburan tua Mesir Kuno. Permainan lempar melempar juga ditemui pada jaman Romawi, Phunicia dan Karthago namun bukti-bukti belumlah tersedia. Akan tetapi yang pasti pada tahun 1950 sebelum Masehi ketika Julius Caesar berkuasa, rakyat di daerah Alpine, Italia gandrung memainkan apa yang disebut “Bocce”. Banyak nama untuk menyebutkan permainan itu kemudian, yaitu Bowls Skittles, Kegling Nine Pin, Dutch Pin dan Quilles. Berdasarkan catatan, orang Jerman pertama yang memainkan bowling dikaitkan dengan upacara Agama. makdsudnya ialah Kegle diibaratkan setan. Orang dipersilahkan menggunakan batu atau semacam bola yang tertuju pada Kegle, andaikata semua rubuh berarti kehidupannya bersih.
  4. Abad ke 14, permainan Bowling terkenal di Inggris. Meskipun mendapat tantangan, bahkan raja Edward III mengeluarkan undang-undang untuk menghentikan permainan itu, tapi tak mampu menghambat. Tahun 1455 yang semula hanya dilakukan di lapangan beranjak ke gelanggang di bawah atap. Di Irlandia, Skotlandia dan pada tahun 1600 – an mulai dikenal di Amerika yang dibawa oleh orang – orang Belanda, bahkan pada tahun 1895 terbentuk organisasi Bowling Amerika (American Bowling Congress) dan kini peminat olahraga itu sekitar 10 juta orang. Kemajuan teknologi membawa perubahan besar dari Amerika Serikat menyebar ke benua Eropa dan pada tahun 1960 – an memasuki benua Asia Seperti Jepang, Philippina, Muangthai, Singapura dan pada tahun 1970 di Jakarta.
    Bowling, nama asli olahraga yang mulai populer di Indonesia tahun 1970 ini. Tahun 1983 mulai diperkenalkan istilah dalam bahasa Indonesia dengan nama Bowling, yaitu singkatan dari bola gelinding oleh menteri Pariwisata, Pos dan Telekomunikasi Achmad Thahir ketika menjadi ketua panitia kejuaraan Bowling antar klub memperebutkan piala Presiden Soeharto.
    Ketika pertumbuhan ekonomi di Indonesia semakin mantap, di Hotel Kartika Plaza pada tahun 1970, tepatnya bulan Agustus dibuka sebuah pusat olahraga Bowling dengan 16 jalur (lines), mesin buatan Brunswick. Dalam waktu yang amat singkat, jenis permainan ini menarik banyak peminat dari berbagai kalangan pengusaha, pegawai, ABRI, mahasiswa, pelajar, bintang film dan ibu-ibu rumah tangga. Bermula dari hasrat mengendorkan urat syarat, bersantai dan mengisi waktu luang, tapi lama-kelamaan terpikir untuk menadu kepandaian antar satu sama lain. timbulah kompetisi, juga timbul hasrat bergabung dalam suatu kelompok. Munculah nama-nama perkumpulan olahraga Bowling seperti : The Metropolitan Commercial, Berkat, Th. Cutter, Free Lance, Alexander, Amore Club, The Step, Aki Jenggot, Tjendana dan Biangos. Lahirnya berbagai klub mengilhami berdirinya suatu wadah organisasi, yang bisa mengawasi perkembangan klub dan memikirkan kemajuan olahraga ini dengan pemikiran ke depan, seandainya permainan bowling menyebar di seluruh Indonesia, seandainya pebowling Indonesia mau ikut bertanding ke luar negeri, tentu membutuhkan suatu wadah.
  5. Maka atas prakarsa M. A. Suganda dari perkumpulan Bowling Metropolitan bersama M. Q. Amirudin, diundang semua klub untuk membicarakan pembentukan wadah. Tepatnya tanggal 6 Oktober 1970, klub yang hadir sepakat mendirikan suatu wadah organisasi yang diberi nama Persatuan Bowling Indonesia disingkat PBI. JBC – Jakarta Bowling Center.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s